Jemmy, Jusnah (2024) Strategi Penyaluran Dana Zis Dalam Pemberdayaan Ekonomi Umat Di Dompet Dhuafa Papua. Diploma thesis, IAIN Fattahul Muluk Papua.
Text
Perbankan Syariah 27. Jusnah Jemmy_018151020.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
Dalam Islam, salah satu upaya untuk menuntaskan atau meminimalisir masalah kemiskinan adalah dengan cara mengoptimalkan pelaksanaan zakat. Penggunaan zakat merupakan bentuk pemanfaatan dana zakat secara maksimal tanpa mengurangi nilai dan kegunaannya, sehingga berdayaguna untuk mencapai kemaslahatan umat. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana strategi yang dilakukan Dompet Dhuafa dalam penyaluran dana zakat untuk pemberdayaan ekonomi umat dan juga untuk mengetahui kendala yang dialami dalam penyaluran dana zakat. Jenis penilitian yang digunakan adalah penilitian kualitatif yang bersifat deskripsi dan sumber data penilitian yang di gunakan data primer yang di peroleh dari wawanca dan observasi dan data sekunder mengacu pada informasi yang telah ada. metode analisis data yang dipakai dalam penilitian ini adalah deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi penyaluran dana ZIS dalam pemberdayaan ekonomi umat di Dompet Dhuafa Papua adalah dengan melalui LAZ Dompet Dhuafa Papua pada program pinjaman modal usaha tanpa bunga yang berbasis kelompok dan bersifat syariah non riba. Adapun Kendala yang di temukan dalam penyaluran zakat terhadap pemberdayaan ekonomi kaum dhuafa pada LAZ Dompet Dhuafa yaitu Kurangnya pengetahuan masyarakat tentang zakat dan lembaga amil zakat dan juga pengelolaan zakat dari masyarakat.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Perbankan Syariah |
Depositing User: | Unnamed user with email perpustakaan@iainfmpapua.ac.id |
Date Deposited: | 08 Jan 2024 03:08 |
Last Modified: | 12 Feb 2024 03:23 |
URI: | http://repodev.iainfmpapua.ac.id/id/eprint/112 |
Actions (login required)
View Item |