Destriana, Yessi Irma (2024) Penerapan Permainan Papan Titian Terhadap Kemampuan Motorik Kasar Anak Usia Dini Melalui Pembelajaran Tema Binatang Udara Di Taman Kanak-Kanak Darul Ikhlas Sentani. Other thesis, IAIN Fattahul Muluk Papua.
Text
PIAUD 3. Yessi Irma Destriana 019181009,.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
Abstract
Kemampuan motorik kasar anak usia dini merupakan keterampilan yang mengarahkan seseorang untuk menggerakkan tubuh manusia, keterampilan kegiatan yang dapat meningkatkan motorik mempengaruhi keterampilan motorik tersebut. penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Penerapan Permainan Papan Titian Terhadap Kemampuan Motorik Kasar Anak Usia Dini Melalui Tema Pembelajaran Binatang Udara di Taman Kanak-kanak Darul Ikhlas Sentani, dan mengetahui Faktor Pendukung dan Penghambat Penerapan Permainan Papan Titian Terhadap Kemampuan Motorik Kasar Anak Usia Dini Melalui Tema Pembelajaran Binatang Udara di Taman Kanak-kanak Darul Ikhlas Sentani. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif analitik. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Selanjutnya keabsahan data menggunakan teknik triangulasi sumber dan triangulasi metodologi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Penerapan Permainan Papan Titian Terhadap Kemampuan Motorik Kasar Anak Usia Dini Melalui Tema Pembelajaran Binatang Udara di Taman Kanak-kanak Darul Ikhlas Sentani, meliputi: a. Perkembangan kemampuan motorik kasar anak usia dini, b. Cara menerapkan permainan papan titian kepada anak usia dini, c. Stimulasi kemampuan motorik kasar anak usia dini di setiap pembelajaran tema, d. Kemampuan motorik kasar anak usia dini. (2) Faktor Pendukung dan Penghambat Penerapan Permainan Papan Titian Terhadap Kemampuan Motorik Kasar Anak Usia Dini Melalui Tema Pembelajaran Binatang Udara di Taman Kanak-kanak Darul Ikhlas Sentani meliputi: a. Faktor pendukung internal dan eksternal (rasa percaya diri anak dan alat permainan yang memadai), faktor penghambat internal dan eksternal (kurangnya rasa percaya diri anak dan kurangnya dukungan dari lingkungan.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130210 Physical Education and Development Curriculum and Pedagogy |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Islam Anak Usia Dini |
Depositing User: | Unnamed user with email perpustakaan@iainfmpapua.ac.id |
Date Deposited: | 29 Jan 2024 02:37 |
Last Modified: | 12 Feb 2024 02:54 |
URI: | http://repodev.iainfmpapua.ac.id/id/eprint/115 |
Actions (login required)
View Item |