Implementasi Metode Gerakan Tangan Dalam Menghafal Ḥaditṡ Pendek Pada Anak Usia Dini Di Ra Yaa Bunayya

Amalia, Sausan Zulfa (2024) Implementasi Metode Gerakan Tangan Dalam Menghafal Ḥaditṡ Pendek Pada Anak Usia Dini Di Ra Yaa Bunayya. Diploma thesis, IAIN Fattahul Muluk Papua.

[img] Text
PIAUD 4. Sausan Amalia.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
Official URL: https://repodev.iainfmpapua.ac.id/

Abstract

Anak usia dini adalah kelompok anak yang berada dalam proses pertumbuhan dan perkembangan. Raudhatul Athfal (RA) Yaa Bunayya merupakan salah satu lembaga pendidikan anak usia dini berbasis islam yang menerapkan kegiatan menghafal hadits pendek. Di RA Yaa Bunayya, kefokusan anak terbilang kurang maksimal pada saat kegiatan menghafal dilakukan.Oleh karena itu, dengan adanya implementasi metode gerakan tangan yang telah diterapkan oleh pendidik RA Yaa Bunayya, peneliti tertarik untuk mengetahui bagaimana hambatan atau tantangan yang ada dalam implementasi metode gerakan tangan dalam menghafal Ḥadiśt untuk anak. Metodologi penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan pedagogik. Sumber data yang diambil adalah menggunakan data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik pengolahan data dalam penelitian kualitatif adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian yang telah diamati adalah dalam menghafal Ḥadiśt pendek menggunakan metode gerakan tangan di RA Yaa Bunayya, pendidik awalnya melakukan sebuah persiapan yaitu mengkondisikan anak agar anak fokus dan mempersiapkan hadits yang akan diajarkan. Kemudian pelaksanaan kegiatan menghafal Ḥadiśt dilakukan jika anak anak dapat terkondisi dengan baik. Disaat itu juga, pendidik memulai memimpin kegiatan tersebut dengan menyebutkan Ḥadiśt-Ḥadiśt yang dipelajari atau dihafalkan ulang lalu diikuti oleh anak-anak. Beranjak ke evaluasi kegiatan yang dilakukan pada saat kegiatan pembuka dan penutup pembelajaran sesuai yang ada di RPPH. Solusi jika pendidik merasa bahwa dirinya belum maksimal dalam mengajar Ḥadiśt adalah dengan cara me-refresh anak kembali di sela waktu kegiatan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130210 Physical Education and Development Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Unnamed user with email perpustakaan@iainfmpapua.ac.id
Date Deposited: 29 Jan 2024 02:46
Last Modified: 12 Feb 2024 02:55
URI: http://repodev.iainfmpapua.ac.id/id/eprint/116

Actions (login required)

View Item View Item