Penerapan Metode Tajribi Untuk Pengembangan Sosial Emosional Anak Usia Dini Di Raudhatul Athfal Al-Qashwa Abepura

Wailusu, Melati (2024) Penerapan Metode Tajribi Untuk Pengembangan Sosial Emosional Anak Usia Dini Di Raudhatul Athfal Al-Qashwa Abepura. Diploma thesis, IAIN Fattahul Muluk Papua.

[img] Text
PIAUD 5. Melati Wailusu.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
Official URL: https://repodev.iainfmpapua.ac.id/

Abstract

Skripsi ini membahas tentang penerapan metode tajribi untuk pengembangan sosial emosional anak usia dini di Raudhatul Athfal Abepura. Dari judul diatas selanjutnya dikemukakan dua sub masalah atau pertanyaan penelitian yaitu: 1) Bagaimana Penerapan Metode Tajribi Untuk Pengembangan Sosial Emosional Anak Usia Dini di Raudhatul Athfal AL-Qashwa Abepura? 2)Faktor Apa yang mempengaruhi penerapan metode tajribi untuk pengembangan sosial emosional anak usia dini di Raudhatul Athfal AL-QashwaAbepura? Penelitian ini termasuk penelitian kualitatif, Penelitian ini menggunakan pendekatan metodologis berupa pendekatan fenomenalogi, dan pendekatan pedagogik. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, kesimpulan dan ferifikasi data. Dari hasil penelitian menerangkan bahwa penerapan metode tajribi untuk pengembangan sosial emosioanal anak usia dini di Raudhatul Athfal AL-Qashwa Abepura sudah dijalankan dengan baik secara rutin, konsisten. Hal ini dapat dilihat dari berbagai respon yang dikemukakan oleh berbagai pihak yang terkait bahwa semua anak-anak di Raudhatul athfal aktif dalam melakukan kegiatan yang diterapkan oleh sekolah menggunakan metode tajribi yang dilakukan berdasarkan perencanaan pelaksanaan pembelajaran harian (RPPH) yaitu 1.Senyum, sapa, salam (3S) 2. baris berabris 3. Sholat dhuha dan hafalan surah pendek 4. Doa bersama dan hafalan hadits 5.Ikrar santri 6. Menabung 7. Makan bersama 8. Membuang sampah pada tempatnya 9. Tolong, maaf, terimakasih (Tomat) 10. Keteladanan. Implikasi dari penelitian ini yaitu penerapan metode tajribi untuk pengembangan sosial emosional anak usia dini berjalan dengan baik dan sudah tepat sasaran,dapat menjadi acuan dalam mengembangkan sosial emosional anak kedepan nya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Unnamed user with email perpustakaan@iainfmpapua.ac.id
Date Deposited: 29 Jan 2024 02:53
Last Modified: 12 Feb 2024 02:56
URI: http://repodev.iainfmpapua.ac.id/id/eprint/117

Actions (login required)

View Item View Item