Penerapan Kurikulum Merdeka Belajar Dalam Meningkatkan Sumber Daya Manusia (Sdm) Yang Berkualitas Di Sd Juara Al-Hikmah Jayapura

Ruka’iyah, Yeti (2024) Penerapan Kurikulum Merdeka Belajar Dalam Meningkatkan Sumber Daya Manusia (Sdm) Yang Berkualitas Di Sd Juara Al-Hikmah Jayapura. Diploma thesis, IAIN Fattahul Muluk Papua.

[img] Text
PGMI 8. Yeti Rukaiyah.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
Official URL: https://repodev.iainfmpapua.ac.id/

Abstract

Kurikulum merupakan seperangkat alat yang digunakan untuk mencapai tujuan pendidikan. Dimana kurikulum sering mengalami revolusi dari mulai kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP), Kurikulum 2013, dan kurikulum merdeka yang saat ini diterapkan. Tujuan diadakannya perubahan di kurikulum adalah sebagai acuan untuk mengembangkan pembelajaran dalam mencapai pendidikan yang bermutu dan menghasilkan SDM yang berkualitas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) kesiapan tenaga pendidik penerapan kurikulum merdeka belajar dalam meningkatkan SDM yang berkualitas di SD Juara Al-Hikmah Jayapura, 2) penerapan kurikulum merdeka belajar dalam meningkatkan SDM yang berkualitas di SD Juara Al-Hikmah Jayapura dan visi sekolah dalam meningkatkan kualitas lulusan melalui merdeka belajar di SD Juara Al-Hikmah Jayapura, 3) visi sekolah dalam peningkatkan kualitas lulusan melalui merdeka belajar di SD Juara Al-Hikmah Jayapura Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif, yaitu berupa data data yang tertulis atau lisan dari orang dan perilaku yang diamati dalam hal ini kepala sekolah, wakil kepala sekolah, dan pendidik kelas IV. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan antara lain sebagai berikut: 1) Pendidik memiliki cukup kesiapan dalam penerapan kurikulum merdeka belajar miskipun belum maksimal, hal ini dapat dilihat dari tiga indikator yang dipenuhi diantaranya guru kelas IV memiliki cukup kreativitas, inovasi dan memiliki etos kerja yang baik, 2) Penerapan kurikulum merdeka pada Kelas IV SD Juara Al Hikmah Jayapura berjalan dengan baik meskipun belum maksimal hal ini dapat dilihat beberapa indikator yang diterapkan diantaranya standar perencanaan, standar kompetensi lulusan, standar kompetensi isi, standar kompetensi proses, dan standar kompetensi penilaian. 3) Adanya upaya dalam meningkatkan mutu lulusan melalui kurikulum merdeka belajar diantaranya: terdapat visi-misi, adanya program yang ditetapkan, standar mutu lulusan, dan sarana penunjang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Unnamed user with email perpustakaan@iainfmpapua.ac.id
Date Deposited: 31 May 2024 01:27
Last Modified: 31 May 2024 01:27
URI: http://repodev.iainfmpapua.ac.id/id/eprint/141

Actions (login required)

View Item View Item