Eksplorasi Kemampuan Literasi Membaca Peserta Didik Dalam Meningkatkan Minat Baca Di Sekolah Dasar Negeri Somiangga 2 Kabupaten Waropen

Subagio, Subagio (2024) Eksplorasi Kemampuan Literasi Membaca Peserta Didik Dalam Meningkatkan Minat Baca Di Sekolah Dasar Negeri Somiangga 2 Kabupaten Waropen. Diploma thesis, IAIN Fattahul Muluk Papua.

[img] Text
PGMI 13. Subagio.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Berdasarkan hasil observasi peneliti lakukan terkait literasi membaca peserta didik dalam meningkatkan minat baca kelas III, di Sekolah Dasar Negeri Somiangga 2 Kabupaten Waropen terdiri dari 10 peserta didik , dari peserta didik tersebut terdapat beberapa peserta didik yang sudah bisa membaca, sedangkan ada beberapa peserta didik lainnya belum bisa membaca Tidak di temukannya wadah atau perpustakaan untuk membaca para peserta didik di sekolah, dari pihak sekolah juga sudah pernah menerapkan adanya pembiasan membaca 15 menit sebelum pembelajaran, tapi seiringnya berjalannya waktu pembiasan membaca tersebut hilang, ditambah lagi kurangnya tenaga pengajar di Sekolah Dasar Negeri Somiangga 2 Kabupaten Waropen. Penelitian ini termasuk penelitian kualitatif. Adapun pendekatan yang digunakan adalah fenomonologi metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Lokasi penelitian ini adalah di Sekolah Dasar Negeri Somiangga 2 Kabupaten Waropen. Dan sebagai informan dalam penelitian ini ialah: kepala sekolah, guru wali kelas III dan peserta didik. Teknik analisis data yaitu menggunakan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini menghasilkan beberapa penemuan; (1) Kemampuan literasi membaca di sekolah dalam meningkatkan minat baca peserta didik yaitu, kemampuan literasi membaca peserta didik rendah, peserta didik kurang jelas artikulasi dalam pengucapan katanya dan peserta didik masih salah pengucapan kata dalam satu kalimat. Peserta didik masih mengalami kesulitan dalam memahami makna yang terkandung dalam bacaan. Hal ini terjadi karna kurangnya kebiasaan membaca pada peserta didik, dalam diri siswa belum mempunyai kesadaran tentang pentingnya membaca buku. (2) Upaya sekolah dalam meningkatkan kemampuan literasi membaca peserta didik di Sekolah Dasar Negeri Somiangga 2 Kabupaten Waropen yaitu dengan menumbuhkan kesadaran pentingnya membaca ditandai dengan guru memberi motivasi peserta didik dan memdorong mereka untuk terus membaca buku karna pintu kesuksesan dengan terus rajin membaca buku dalam neningkatkan kemampuan literasi membaca peserta didik, orang tua juga harus memotivasi peserta didik untuk terus membaca di rumah. Pembiasaan membaca 15 menit sebelum pembelajaran peserta didik di tuntut untuk membaca buku sebelum pembelajaran. Membentuk komunitas baca di kelas dalam kegiatan ini peserta didik di minta membuat klompok dan membaca suatu buku, peserta didik meresensi buku dan memberikan rekomendasi buku bacaan untuk teman klompok lainya. Dengan upaya-upaya yang dilakukan dari pihak sekolah kemampuan literasi membaca peserta didik akan terus meningkat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130204 English and Literacy Curriculum and Pedagogy (excl. LOTE, ESL and TESOL)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Unnamed user with email perpustakaan@iainfmpapua.ac.id
Date Deposited: 20 Aug 2024 00:20
Last Modified: 20 Aug 2024 00:42
URI: http://repodev.iainfmpapua.ac.id/id/eprint/146

Actions (login required)

View Item View Item