Wulandari, Putri (2024) Analisis Gaya Belajar Peserta Didik Berprestasi Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas IV Di MI Negeri Kota Jayapura. Diploma thesis, IAIN Fattahul Muluk Papua.
Text
PGMI 14. Putri Wulandari.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) Gaya Belajar Peserta didik berprestasi pada mata pelajaran Bahasa Indonesia yang meliputi : gaya belajar Visual, gaya belajar Auditorial, gaya belajar Kinestetik. dan (2) faktor-faktor yang mempengaruhi prestasi belajar peserta didik berprestasi pada mata pelajaran Bahasa Indonesia. Adapun jenis penelitian ini yaitu kualitatif dengan pendekatan keilmuan pendagogik. Sumber data yang digunakan bersumber dari data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, serta studi dokumenter. Data yang diperoleh dan dianalisis melalui 4 tahap, yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, serta kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukkan kombinasi gaya belajar VAK, (Visual, Auditorial, dan Kinestetik). Peserta didik berprestasi belajar melalui proses visual, auditorial, dan kinestetik di kelas. Belajar melalui visual pada saat proses belajar mengajar, peserta didik mencatat materi dan membaca buku. Auditorial, pada saat proses belajar-mengajar, peserta didik menyimak, mendengarkan penjelasan guru dan berdiskusi. Kinestetik dalam proses belajar-mengajar, peserta didik sering melakukan kegiatan fisik ringan seperti memutar-mutarkan pena, mengayun ayunkan kursi dan mengetuk-ngetuk meja. Kecenderungan gaya belajar VAK antar siswa berprestasi berbeda-beda. Dari enam peserta didik berprestasi terdapat dua kecenderungan yaitu gaya belajar visual dan auditorial. Faktor yang mempengaruhi adalah faktor keluarga yang harmonis/hubungan yang dekat dengan keluarga, faktor Kesehatan sehingga peserta didik dapat menggapai prestasi memiliki motivasi serta bakat dan memiliki tingkat intelegensi yang tinggi dibandingkan anak lain, selain itu juga karena faktor lingkungan di sekolah maupun di rumah.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Unnamed user with email perpustakaan@iainfmpapua.ac.id |
Date Deposited: | 20 Aug 2024 00:31 |
Last Modified: | 20 Aug 2024 00:42 |
URI: | http://repodev.iainfmpapua.ac.id/id/eprint/147 |
Actions (login required)
View Item |