Pengaruh Pengelolaan Kelas Dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Fiqhi Di Madrasah Aliyah Persiapan Negeri Koya Barat

Pasue, Resika (2024) Pengaruh Pengelolaan Kelas Dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Fiqhi Di Madrasah Aliyah Persiapan Negeri Koya Barat. Diploma thesis, IAIN Fattahul Muluk Papua.

[img] Text
Manejemen Pendidikan Islam 2. Resika Pasue _019171007.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
Official URL: https://repodev.iainfmpapua.ac.id/

Abstract

Skripsi ini bertujuan untuk secara mendalam menguji pengaruh pengelolaan kelas dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Fiqhi di Madrasah Aliyah Persiapan Negeri Koya Barat. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan survei eksplanatif. Data yang digunakan terdiri dari data primer dan data sekunder. Pengumpulan data primer melibatkan wawancara untuk mendapatkan pemahaman yang lebih dalam tentang gambaran umum sekolah, sedangkan pengumpulan data sekunder melibatkan penyebaran kuesioner/angket kepada siswa dan pengumpulan dokumentasi berupa gambar dan nilai raport. Sampel penelitian diambil dengan menggunakan teknik Probabiliti Sampling, khususnya jenis Proportionate Stratified Random Sampling. Dalam analisis data, digunakan metode analisis regresi linier sederhana dan regresi linier berganda untuk menguji hipotesis penelitian. Metode ini memungkinkan peneliti untuk mengevaluasi pengaruh variabel independen (pengelolaan kelas dan motivasi belajar) terhadap variabel dependen (prestasi belajar siswa). Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengelolaan kelas dan motivasi belajar secara signifikan berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa dalam mata pelajaran Fiqhi. Hal ini berarti bahwa pengelolaan kelas yang efektif dan tingkat motivasi belajar yang tinggi dapat meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Fiqhi di Madrasah Aliyah Persiapan Negeri Koya Barat.Dalam penelitian ini juga ditemukan bahwa kontribusi pengelolaan kelas dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa sebesar 50,1%, sedangkan 49,9% sisanya dipengaruhi oleh faktor-faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Ini menunjukkan bahwa masih ada faktor-faktor lain yang juga dapat memengaruhi prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Fiqhi di Madrasah Aliyah Persiapan Negeri Koya Barat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development
Divisions: Sekolah Pascasarjana > Program Studi magister Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email perpustakaan@iainfmpapua.ac.id
Date Deposited: 20 Aug 2024 01:07
Last Modified: 20 Aug 2024 01:07
URI: http://repodev.iainfmpapua.ac.id/id/eprint/151

Actions (login required)

View Item View Item