Pengelolaan Laboratorium Ipa Sebagai Sarana Penunjang Dalam Meningkatkan Prestasi Siswa Pada Pembelajaran IPA Di Madrasah Aliyah Darud Da’wah Wal Irsyad Entrop Kota Jayapura

Ramadhani, Rahmah (2024) Pengelolaan Laboratorium Ipa Sebagai Sarana Penunjang Dalam Meningkatkan Prestasi Siswa Pada Pembelajaran IPA Di Madrasah Aliyah Darud Da’wah Wal Irsyad Entrop Kota Jayapura. Diploma thesis, IAIN Fattahul Muluk Papua.

[img] Text
Manejemen Pendidikan Islam 4. Rahmah Ramadhani 019171006.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
Official URL: https://repodev.iainfmpapua.ac.id/

Abstract

Laboratorium IPA memiliki peranan penting dalam meningkatkan pembelajaran IPA. Namun, pengelolaan laboratorium IPA di Madrasah Aliyah Darud Da’wah Wal Irsyad Entrop Kota Jayapura belum optimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengelolaan laboratorium IPA di Madrasah Aliyah tersebut, mengetahui pengaruh pengelolaan laboratorium IPA yang ideal terhadap prestasi siswa dalam pembelajaran IPA, serta menganalisis faktor pendukung dan penghambat dalam pengelolaan laboratorium IPA. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Responden penelitian ini adalah kepala madrasah dan penanggung jawab laboratorium IPA di Madrasah Aliyah Entrop. Data dianalisis dengan teknik reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengelolaan laboratorium meliputi perencanaan, pengorganisasian, penggunaan, penilaian, dan hambatannya. Dalam perencanaan dan pengadaan sarana prasarana laboratorium, Madrasah Aliyah mengandalkan dana dari pemerintah, namun masih terbatas. Program pengembangan laboratorium sudah ada, tetapi terhambat oleh masalah dana. Pengorganisasian laboratorium dilakukan dengan struktur organisasi yang sesuai, tetapi kepala madrasah belum terlibat secara aktif. Penggunaan laboratorium sudah optimal, namun penyimpanan alat/bahan masih perlu perbaikan. Pemeliharaan, perawatan, dan kebersihan laboratorium perlu ditingkatkan. Pengevaluasian kegiatan laboratorium dilakukan oleh kepala madrasah, dan prestasi siswa dalam bidang IPA telah meningkat. Faktor-faktor pendukung dalam pengelolaan laboratorium belum optimal, sedangkan faktor-faktor penghambat meliputi keterbatasan dana.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130201 Creative Arts, Media and Communication Curriculum and Pedagogy
Divisions: Sekolah Pascasarjana > Program Studi magister Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email perpustakaan@iainfmpapua.ac.id
Date Deposited: 20 Aug 2024 01:18
Last Modified: 20 Aug 2024 01:18
URI: http://repodev.iainfmpapua.ac.id/id/eprint/153

Actions (login required)

View Item View Item