Upaya Kepala Madrasah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru Di MTs Yaa Bunayya

Tomia, Hajar (2024) Upaya Kepala Madrasah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru Di MTs Yaa Bunayya. Diploma thesis, IAIN Fattahul Muluk Papua.

[img] Text
Manejemen Pendidikan Islam 5. Hajar Tomia-019171003.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
Official URL: https://repodev.iainfmpapua.ac.id/

Abstract

Skripsi ini membahas tentang upaya kepala madrasah dalam meningkatkan kinerja guru di MTs Yaa Bunayaa Kota Jayapura. Dari judul di atas selanjutnya dikemukakan tiga sub masalah atau pertanyaan penelitian yaitu: 1) Gambaran Umum Kinerja Guru di MTs Yaa Bunayya Kota Jayapura. 2) Bagaimana Upaya Kepala Madrasah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru di MTs Yaa Bunayya Kota Jayapura. 3) Apa Faktor Penghambat dan Faktor Pendukung Kepala Madrasah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru di MTs Yaa Bunayya Kota Jayapura. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, mengunakan pendekatan penelitian Graunded theory dengan jenis penelitian Fleld research (penelitian lapangan). Subjek penelitian ini adalah kepala madrasah dan guru MTs Yaa Bunayya Kota Jayapura. Tempat penelitian ini dilakukan di MTs Yaa Bunayya, yang berada di jalan Yoka No.19 Kelurahan Waena Distrik Heram Kota Jayapura. Adapun metode pengumpulan data mengunakan teknik wawancara, observasi atau pengamatan dan dukumentasi. Data di analisis mengunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa gambaran umum kinerja guru dengan indikator perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, evaluasi pembelajaran yang di terapkan di MTs Yaa Bunayya Kota Jayapura suda berjalan dengan baik sesuai dengan peraturan madrasah. Selanjutnya upaya yang dilakukan kepala madrasah dalam meningatkan kinerja guru yaitu : a) mengikutsertakan guru dan memberikan pelatihan pembinaan, b) Mendorong pengembangan profesional bagi guru, c) Menjalin hubungan kerja sama yang baik dengan guru, d) mengikutsertakan guru mengikuti pelatihan, seminar dan workshop, e) Memberi contoh teladan yang baik kepada guru, f) Pemberi motivasi, g) Berusaha melengkapi dan mengadakan sarana prasarana madrasah, h) Melakukan supervisi kelas, i) Melakukan evaluasi pembelajaran, j) dan menerapkan peraturan madrasah. Faktor penghambat dan faktor pendukung. faktor pendukung lembaga terkait seperti kementerian pendidikan, dinas pendidikan, masyarakat atau lembaga pelatihan dapat menjadi faktor yang penting melalui kebijakan yang mendukung, alokasi anggaran yang memadai, pelatihan yang diselengarakan, dan akses terhadap sumber daya pendidikan yang diperlukan, sehingga kepala madrasah lebih efektif meningkatkan kinerja guru. Faktor penghambat kuranya informasi komukasi antara kepala madrasah dan guru.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130199 Education systems not elsewhere classified
Divisions: Sekolah Pascasarjana > Program Studi magister Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email perpustakaan@iainfmpapua.ac.id
Date Deposited: 20 Aug 2024 01:23
Last Modified: 20 Aug 2024 01:23
URI: http://repodev.iainfmpapua.ac.id/id/eprint/154

Actions (login required)

View Item View Item