Peran Kepala Madrasah Dalam Meningkatkan Mutu Lulusan Di MI Ypkp Sentani Kabupaten Jayapura

Gunawan Rahim, Syahrul (2024) Peran Kepala Madrasah Dalam Meningkatkan Mutu Lulusan Di MI Ypkp Sentani Kabupaten Jayapura. Diploma thesis, IAIN Fattahul Muluk Papua.

[img] Text
Manejemen Pendidikan Islam 7. Syahrul Gunawan Rahim_017171019.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
Official URL: https://repodev.iainfmpapua.ac.id/

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi pentingnya peran kepala madrasah dalam meningkatkan mutu lulusan dan keberhasilan pendidikan di madrasah. Lulusan yang berkualitas penting untuk dibahas karena kelak siswa akan menjadi salah satu sumber daya manusia yang akan menjadi pendukung utama dalam pembangunan bangsa. Oleh karena itu, mutu lulusan madrasah harus sangat diperhatikan, karena madrasah menjadi salah satu lembaga pendidikan yang berperan dalam upaya peningkatan sumber daya manusia. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peran kepala madrasah, upaya serta faktor-faktor yang mempengaruhi peningkatan mutu lulusan di Madrasah Ibtidaiyah (MI) YPKP Sentani. Penelitian ini merupakan penelitian studi kasus menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengambilan sample menggunakan purposive sampling. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu teknik analisa model Miles dan Humberman, yang menganalisa data dengan cara membagi kedalam tiga bagian yaitu reduksi, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Teknik keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi metode. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa kepala madrasah berperan penting dalam meningkatkan mutu lulusan di MI YPKP Sentani. Peran kepala madrasah sebagai pemimpin, motivator dan manajer, dimana kepala madrasah dapat memimpin dengan baik, membimbing dan bertanggung jawab atas staf, guru profesional, siswa, sarana dan prasarana serta program-program yang ada di madrasah. Peran kepala madrasah juga mempengaruhi tingkat mutu lulusan yang terus meningkat setiap tahunnya. Sejak tahun 2017 hingga tahun 2022, pada tahun 2017 jumlah peserta didik yang lulus berjumlah 18 siswa, pada tahun 2023 meningkat menjadi 40 siswa. Peningkatan tersebut juga terlihat pada prestasi yang diraih siswa, baik dalam bidang akademik maupun non akademik. Kejuaraan-kejuaraan yang diikuti tidak hanya pada tingkat Kabupaten namun juga pada tingkat Nasional. Adapun faktor pendukungnya yaitu antusiasme kepala madrasah, tenaga pendidik dan siswa dalam mejalankan program yang ada, rapat evaluasi dan perbaikan KBM secara rutin dan prestasi yang diraih siswa. Sedangkan faktor penghambatnya yaitu orang tua yang tidak dapat bekerja sama dan sarana dan prasaran yang belum memadai.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130205 Humanities and Social Sciences Curriculum and Pedagogy (excl. Economics, Business and Management)
Divisions: Sekolah Pascasarjana > Program Studi magister Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email perpustakaan@iainfmpapua.ac.id
Date Deposited: 20 Aug 2024 01:33
Last Modified: 20 Aug 2024 01:33
URI: http://repodev.iainfmpapua.ac.id/id/eprint/156

Actions (login required)

View Item View Item