Setiyowati, Nening (2024) Peran Guru Pai Dalam Menumbuhkan Pemahaman Moderasi Beragama Bagi Peserta Didik Kelas V Di MI Yaa Bunayya. Diploma thesis, IAIN Fattahul Muluk Papua.
Text
PAI 1. Nening Setiyowati.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) |
Abstract
Moderasi beragama sebagai cara pandang mampu menjadi solusi untuk saling terbuka, menerima perbedaan, dan menjaga kerukunan antar umat beragama. Penguatan moderasi ini juga sebaiknya dikenalkan sejak dini kepada peserta didik agar tidak mudah terpengaruh dengan pemikiran beragama yang radikal dan menutup diri dengan agama lain melalui peran seorang guru agama. Penulisan skripsi ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) Peran guru PAI dalam Menumbuhkan Pemahaman Moderasi beragam bagi peserta didik kelas V di MI Yaa Bunayya, (2) Faktor yang mempengaruhi Guru PAI dalam menumbuhkan pemahaman Moderasi Beragama bagi peserta didik kelas V di MI Yaa Bunayya. Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan pengumpulan data, reduksi data, penyajian datam serta penarikan kesimpulan dan verifikasi, pengujian keabsahan data dilakukan melalui perpanjangan pengamatan. Meningkatkan ketekunan, trianggulasi, pengecekan sejawat dan dependabilitas. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Peran guru PAI dalam menumbuhkan pemahaman moderasi beragama di MI Yaa Bunayya meliputi: a. Consservator sebagai guru PAI bertanggung jawab akan sikapnya, b. Transmiter (penerus) guru PAI bertindak sebagai motivator dan pembimbing, c. Innovator (pengembang) guru PAI berkolaborasi dengan semua guru untuk mewujudkan keberhasilan moderasi beragama, d. Organizer, (pelaksana) guru melaksanakan kegiatan yang diinovasikan, e. Transformator, guru PAI menerjemahkan nilai denga menjadi figur untuk peserta didik. (2) Faktor yang mempengaruhi meliputi: a. Faktor Internal, faktor yang mempengaruhi guru (kapasitas dan pengalaman), peserta didik (hereditas dan usia), sekolah (dukungan dan fasilitas). b. Faktor Eksternal, faktor yang mempengaruhi meliputi, lingkungan Masyarakat, dan lingkungan keluarga.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Unnamed user with email perpustakaan@iainfmpapua.ac.id |
Date Deposited: | 20 Aug 2024 04:10 |
Last Modified: | 20 Aug 2024 04:10 |
URI: | http://repodev.iainfmpapua.ac.id/id/eprint/158 |
Actions (login required)
View Item |