Afifah Afif, Azzah (2024) Strategi Guru Dalam Menerapkan Kurikulum Merdeka Belajar PAI Di Kelas X SMA Muhammadiyah Kota Jayapura. Diploma thesis, IAIN Fattahul Muluk Papua.
Text
PAI 2. Azzah Afifah Afif _.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) |
Abstract
Skripsi ini bertujuan untuk: 1) mendeskripsikan strategi guru dalam menerapkan kurikulum merdeka belajar PAI di kelas X SMA Muhammadiyah Kota Jayapura; 2) mengetahui faktor pendukung dan penghambat strategi guru dalam menerapkan kurikulum merdeka belajar PAI di kelas X SMA Muhammadiyah Kota Jayapura. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan penelitian yang digunakan adalah pedagogik. Data-data penelitian ini bersumber dari data primer dan data sekunder. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi terstruktur, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Adapun data yang diperoleh dianalisa melalui tahapan mereduksi data, menyajikan data, serta penarikan kesimpulan/verifikasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Strategi guru dalam menerapkan kurikulum merdeka belajar PAI di kelas X SMA Muhammadiyah Kota Jayapura yaitu penyusunan modul ajar PAI, penggunaan ketersediaan sarana & prasarana belajar, penggunaan media pembelajaran, penyusunan dan penyampaian materi ajar, dan pemanfaatan sumber belajar; 2) Faktor pendukung strategi guru dalam menerapkan kurikulum merdeka belajar di kelas X SMA Muhammadiyah Kota Jayapura yaitu: adanya dukungan serta saling support antar guru dalam melaksanakan pengimplementasian strategi pembelajaran melalui kurikulum merdeka, adanya usaha dari kepala sekolah untuk mendesign sekolah yang bisa mendukung kegiatan belajar, tersedian sarana & prasarana yang baik, dan media yang sangat membantu dan sangat menunjang. Sedangkan faktor penghambat strategi guru dalam menerapkan kurikulum merdeka belajar PAI di kelas X SMA Muhammadiyah Kota Jayapura yaitu: guru masih berada pada tahap penyesuaian terhadap kebijakan-kebijakan baru dari nasional, pusat maupun pendidikan, bersumber pada diri individu guru yang tidak mau mengembangkan dirinya, mengembangkan potensinya sehingga tidak mampu beradaptasi terhadap perubahan kurikulum saat ini, dan keterlambatan pemahaman IT, sementara kurikulum merdeka belajar saat ini guru dituntut bukan hanya bisa secara komunikasi tetapi juga secara IT teknologi.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Unnamed user with email perpustakaan@iainfmpapua.ac.id |
Date Deposited: | 20 Aug 2024 04:15 |
Last Modified: | 20 Aug 2024 04:15 |
URI: | http://repodev.iainfmpapua.ac.id/id/eprint/159 |
Actions (login required)
View Item |