Peran Rohani Islam Dalam Membina Kedisiplinan Siswa Di Sekolah Menengah Kejuruan Swasta (SMKS) Yayasan Pendidikan Karya Pembangunan (YPKP) Teknologi Informasi Komunikasi (TIK) Kabupaten Jayapura

Sahid, Joko (2024) Peran Rohani Islam Dalam Membina Kedisiplinan Siswa Di Sekolah Menengah Kejuruan Swasta (SMKS) Yayasan Pendidikan Karya Pembangunan (YPKP) Teknologi Informasi Komunikasi (TIK) Kabupaten Jayapura. Diploma thesis, IAIN Fattahul Muluk Papua.

[img] Text
PAI 4. Jaka Syahid.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
Official URL: https://repodev.iainfmpapua.ac.id/

Abstract

Pembentukan perilaku sangat penting bagi siswa dalam masa perkembangan zaman, apalagi akhir-akhir ini dekadensi dan kemerosotan moral dan perilaku keagamaan terjadi di kalangan siswa. Dalam situasi ini, peran Rohis dapat membantu dalam memfasilitasi pembinaan moral dan religi yang berkesinambungan kepada Siswa. membantu mengatasi problem-persoalan yang berkaitan dengan kedisiplinan siswa dan meningkatkan kepedulian serta tanggung jawab Siswa terhadap lingkungan sekolah. penelitian ini memiliki rumusan masalah, bagaimana cara Membina Kedisiplinan Siswa di SMKS YPKP Teknologi Informasi Komunikasi (TIK) Kabupaten Jayapura dan juga bagaimana Rohani Islam dapat menjadi salah satu unit dalam membina kedisiplinan siwa di SMKS YPKP Teknologi Informasi Komunikasi (TIK) Kabupaten Jayapura. Adapun tujuan penelitian ini untuk mengetahui cara dan Rohani Islam dalam membina kedisiplinan di SMKS YPKP Teknologi Informasi Komunikasi (TIK) Kabupaten Jayapura. Jenis penelitian yang penulis gunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif, dengan penggunaan sumber data primer dan sekunder, metode pengumpulan data wawancara, observasi, dokumentasi. Subjek penelitian ini yaitu kepala sekolah, waka kesiswaan, ketua rohis, pembina rohis, guru PAI, guru non-Muslim, tiga siswa rohis dan 1 siswa non rohis. Sedangkan teknik pengelolaan dan analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Berdasarkan analisa data yang di temukan, di peroleh kesimpulan bahwa 1). Cara membina kedisiplinan siswa dengan melngikuti kelgiatan-kelgiatan kajian kelislaman selpelrti kultum, tahsin BTA, pelsantreln kilat, dan halal bihalal dapat melmbantu siswa dalam melmbangun keldisiplinan. 2). Dengan mengikuti Rohis siswa dapat manjadi peribadi yang lebih disiplin seperti sholat belrjamaah dan abseln sholat diselkolah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email perpustakaan@iainfmpapua.ac.id
Date Deposited: 20 Aug 2024 04:25
Last Modified: 20 Aug 2024 04:25
URI: http://repodev.iainfmpapua.ac.id/id/eprint/161

Actions (login required)

View Item View Item