Bacharuddin Nifa, Muhammad (2024) Penanaman Nilai Moderasi Beragama Pada Peserta Didik Di Madrasah Diniyyah Al-Muhajirin Masjid Al-Muhajirin Sat Brimob Polda Papua. Diploma thesis, IAIN Fattahul Muluk Papua.
Text
PAI 5. Muhammad Bacharuddin Nifa.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
Abstract
Kemajemukan agama bisa menjadi kekuatan jika dihargai dengan bijaksana. Namun, jika tidak, perbedaan ajaran agama bisa memicu pertikaian dan kesalahpahaman. Pendidikan karakter sejak dini, termasuk penanaman nilai moderasi beragama, penting dalam mengatasi masalah ini. Sehingga penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan internalisasi nilai moderasi beragama pada peserta didik Madrasah Diniyyah Al-Muhajirin Masjid Al-Muhajirin Satbrimob Polda Papua dan mendeskripsikan implementasi nilai moderasi beragama oleh peserta didik Madrasah Diniyyah Al-Muhajirin Masjid Al-Muhajirin Satbrimob Polda Papua. Untuk mendapatkan jawaban terhadap permasalahan penelitian, peneliti menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian lapangan (field research). Loikasi peineilitian ini dilakukan di Madrasah Diniyyah Al Muhajirin Masjid Al-Muhajirin Satbrimoib Poilda Papua, Jl. Peirkutut no.1 Cigoimboing Distrik Abeipura Koita Jayapura. Data-data dalam penelitian ini bersumber dari data primer dan sekunder, sedangkan dalam pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Selanjutnya data yang diperoleh diolah dan dianalisis demi mendapatkan kesimpulan hasil penelitian. Hasil penelitian yang ditemukan dalam penelitian ini adalah; A) Internalisasi nilai moderasi beragama pada peserta didik Madrasah Diniyyah Al Muhajirin Masjid Al-Muhajirin Satbrimob Polda Papua dilakukan melalui dua kegiatan dalam sistem pembelajaran yakni kurikuler dan ekstrakurikuler. B) Implementasi nilai moderasi beragama oleh peserta didik Madrasah Diniyyah Al Muhajirin Masjid Al-Muhajirin Satbrimob Polda Papua tercermin melalui pengamalan nilai tawa>sut} (tengah-tengah), i‘ tida>l (tegak lurus), tasāmuh} (toleran), al-syu>ra (musyawarah), qudwah (kepeloporan), dan muwa>t}anah (cinta tanah air).
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Unnamed user with email perpustakaan@iainfmpapua.ac.id |
Date Deposited: | 20 Aug 2024 04:31 |
Last Modified: | 20 Aug 2024 04:31 |
URI: | http://repodev.iainfmpapua.ac.id/id/eprint/162 |
Actions (login required)
View Item |