Defi Saputri, Rika (2024) Peran Guru Dalam Pembinaan Karakter Nilai Kejujuran Di Mi Darul Ma’arif Numbay Jayapura. Diploma thesis, IAIN Fattahul Muluk Papua.
Text
PAI 11. Rika Defi Saputri.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
Abstract
Pendidikan karakter merupakan suatu hal yang sangat penting dalam pembentukan generasi muda yang memiliki akhlak yang baik dan berkualitas. Pendidikan karakter sendiri bukanlah tanggung jawab dari satu pihak saja, melainkan merupakan tanggung jawab bersama antara keluarga, masyarakat, dan lembaga pendidikan.. tujuan dari penelitian ini adalah : Untuk mengetahui bagaimana peran guru dalam pembinaan karakter nilai kejujuran di MI Darul Ma’arif Numbay Jayapura, Untuk faktor pendukung dan penghambat pembinaan karakter nilai kejujuran di MI Darul Ma’Arif Numbay Jayapura. Penelitian deskriptif kualitatif adalah suatu metode yang menggambarkan semua data atau keadaan subyek atau obyek penelitian kemudian dianalisis dan dibandingkan dengan kenyataan yang sedang berlangsung pada saat ini dan selanjutnya diberikan pemecahan masalah dan dapat memberikan informasi yang mutakhir sehingga bermanfaat bagi perkembangan ilmu pengetahuan serta lebih banyak dapat diterapkan pada berbagai masalah. Penelitian deskriptif secara garis besar merupakan kegiatan penelitian yang hendak membuat gambaran atau mencoba melihat suatu peristiwa atau gejala secara sistematis. Factual, dengan penyusunan yang akurat Lokasi yang dijadikan sebagai objek dalam penelitian ini adalah Madrasah Ibtidaiyah (MI) Darul Ma’arif Numbay Jayapura. yang beralamat di Jl. Kali Acai Tembus Pasar Youtefa Kota Raja Jayapura,Wai Mhorock, Kec. Abepura, Kota Jayapura, Papua. Jenis dan Sumber Data. Data primer adalah data yang langsung diperoleh dari sumber data pertama di lokasi penelitian. Data primer dalam penelitian ini adalah data hasil observasi dan data hasil wawancara dengan para informan . Data Sekunder. Data sekunder adalah data yang diperoleh dari sumber kedua. Data sekunder adalah literatur-literatur yang berkaitan dengan penelitian ini. Peran guru dalam pembinaan karakter yaitu melalui bimbingan yang mana guru terlebih dahulu menerapkan kejujuran agar siswa bisa mencontohi gurunya. Pembinaan karakter kejujuran siswa dilakukan ketika proses pembelajaran didalam maupun diluar jam pelajaran yaitu ketika siswa masih berada dilingkungan sekolah maupun diluar lingkungan sekolah. Selama dikelas guru mengadakan ujian terlebih dahulu, menasehati peserta didik agar menjawab sesuai dengan kemampuannya tanpa meminta bantuan kepada teman nya. Ketika sekolah mengadakan kegiatan maka seluruh siswanya ikut serta dalam kegiatan tersebut. Faktor pendukung dan penghambat guru dalam pembinaan karakter kejujuran siswa di MI Darul Ma’arif Numbay Jayapura. Faktor pendukung yang pertama adalah internal, yaitu warga sekolah yang membantu terutama guru. Artinya adanya kolaborasi setiap elemen sekolah, baikitu kepala madrasah, guru, petugas TU, dan sebagainya.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Unnamed user with email perpustakaan@iainfmpapua.ac.id |
Date Deposited: | 21 Aug 2024 01:26 |
Last Modified: | 21 Aug 2024 01:26 |
URI: | http://repodev.iainfmpapua.ac.id/id/eprint/168 |
Actions (login required)
View Item |