Pengaruh Keaktifan Berorganisasi dan Kedisiplinan Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Pengurus OSIS Periode 2022/2023 di SMA Negeri 1 Sentani

Surwanti, Anggraeni (2023) Pengaruh Keaktifan Berorganisasi dan Kedisiplinan Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Pengurus OSIS Periode 2022/2023 di SMA Negeri 1 Sentani. Diploma thesis, IAIN Fattahul Muluk Papua.

[img] Text
Tadris Matematika 1. Surwanti Anggraeni..pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)
Official URL: https://repodev.iainfmpapua.ac.id/

Abstract

Keaktifan dalam Berorganisasi merupakan upaya keterlibatan siswa dalam berorganiasi sehingga dapat meningkatkan pengetahuan, wawasan, kedisiplinan dan mengasah keterampilan. Beberapa hal tersebut akan mendorong rasa penasaran siswa terhadap sesuatu dan membuat siswa lebih giat lagi untuk belajar, hal ini mempengaruhi hasil belajar siswa dari pengetahuan, keaktifan dan kedisiplinan didukung dalam OSIS. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh keaktifan berorganisasi dan kedisiplinan belajar terhadap hasil belajar matematika pengurus OSIS periode 2022/2023 di SMA Negeri 1 Sentani. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian non eksperimen yang menggunakan analisis data regresi linear sederhana dan regresi linear berganda. Populasi pada penelitian ini yaitu seluruh siswa di SMA Negeri 1 Sentani dengan sampel seluruh pengurus OSIS di SMA Negeri 1 Sentani yang berjumlah 34 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu kuesioner/angket keaktifan berorganisasi dan kedisiplinan belajar yang telah divalidasi oleh validator serta nilai UTS/PTS siswa yang masuk dalam kepengurusan OSIS. Dalam menganalisis data peneliti menggunakan uji hipotesis yang melalui uji prasarat berupa uji normalitas, uji multikolinearitas, dan uji heteroskedastisitas terlebih dahulu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif keaktifan berorganisasi terhadap hasil belajar matematika pengurus OSIS dengan nilai sebesar 6,563 > sebesar 2,036 dan kedisiplinan belajar berpengaruh positif terhadap hasil belajar matematika dengan nilai sebesar 3,758 > sebesar 2,036. Sedangkan keaktifan berorganisasi dan kedisiplinan belajar berpengaruh positif terhadap hasil belajar matematika dengan nilai Sebesar 26,20 > sebesar 3,30 dengan pengaruh sebesar 62,8% Kata Kunci: Keaktifan Berorganisasi, Kedisiplinan Belajar, Hasil Belajar Matematika

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: 01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0102 Applied Mathematics > 010203 Calculus of Variations, Systems Theory and Control Theory
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Tadris Matematika
Depositing User: Mr Tuwaji Tuwaji
Date Deposited: 11 Oct 2023 02:22
Last Modified: 20 Mar 2024 23:22
URI: http://repodev.iainfmpapua.ac.id/id/eprint/17

Actions (login required)

View Item View Item