Hajrah, Hajrah (2024) Penanaman Nilai-Nilai Karakter Dalam Pembelajaran Pai Berbasis Teknologi Pada Siswa Kelas Xi Di SMA Negeri 1 Sentani. Diploma thesis, IAIN Fattahul Muluk Papua.
Text
PAI 13. Hajrah_019111010.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
Abstract
Keunikan yang ada di SMA Negeri 1 Sentani bahwa ketika seorang guru memberikan pengajaran ataupun penanaman nilai menggunakan teknologi. Dan teknologi yang digunakan yaitu Handphone. Masalah yang ditemukan bahwa di SMA Negeri 1 Sentani terdapat peserta didik yang masih kurang dalam nilai karakter sopan santun dan disiplinnya. Sehingga sangat penting untuk menanamkan nilai karakter sopan santun dan disiplin. Tujuan penelitian ini: (1) Mengetahui penanaman nilai karakter sopan santun dan dkarakter disiplin dalam pembelajaran PAI berbasis teknologi pada peserta didik kelas XI di SMA negeri 1 Sentani (2) Mengetahui dampak penanaman nilai karakter menggunakan teknologi terhadap karakter sopan santun dan disiplin pada peserta didik kelas XI di SMA Negeri 1 Sentani. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Subjek penelitian yaitu guru pendidikan agama islam, kepala sekolah, waka kurikulum, dan 5 Siswa kelas XI. Teknik pengumpulan data yang digunakan melalui observasi, wawancara, serta dokumentasi. Analisa data dilakukan dengan cara pengumpulan data, penyajian data, dan menyimpulkan. Pengabsahan data menggunakan cara triangulasi sumber. Hasil penelitian : (1) Penanaman nilai karakter sopan santun dan disiplin menggunakan teknologi melalui 2 tahap (a) Perencanaan yang terdiri dari pertimbangan memilih karakter, metode dan dampak yang diharpkan, (b) Pelaksanaan yaitu menanamkan nilai karakter sopan santun dan disiplin menggunakan metode Keteladanan, pembiasaan dan teknologi. (2) Dampak positif dan negatif penanaman nilai karakter sopan santun dan disiplin menggunakan teknologi yaitu. (a) Dampak positifnya yaitu membantu guru untuk membentuk karakter peserta didik lebih baik, khususnya karakter sopan santun dan disiplin dan mempermudah proses kegiatan belajar maupun penanaman nilai, dan. (b) Dampak negatifnya meliputi semua siswa tidak bisa mengikutinya terkendala di paket data dan beberapa peserta didik yang menyalahgunakan untuk membuka game online dan aplikasi-aplikasi lainnya.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Unnamed user with email perpustakaan@iainfmpapua.ac.id |
Date Deposited: | 21 Aug 2024 02:15 |
Last Modified: | 21 Aug 2024 02:15 |
URI: | http://repodev.iainfmpapua.ac.id/id/eprint/170 |
Actions (login required)
View Item |