Reward Sebagai Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) Di MTS Darul Ma’arif Numbay Jayapura

Fadhilah Islamiyah, Nur (2024) Reward Sebagai Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) Di MTS Darul Ma’arif Numbay Jayapura. Diploma thesis, IAIN Fattahul Muluk Papua.

[img] Text
PAI 19. Nur Fadhilah Islamiyah.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
Official URL: https://repodev.iainfmpapua.ac.id/

Abstract

Berdasarkan hasil temuan awal, peneliti melihat berbagai persoalan mengenai kurangnya motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MTs Darul Ma’arif Numbay Jayapura. Dan dengan adanya pemberian reward sebagai upaya meningkatkan motivasi belajar siswa. Penulisan skripsi ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) Menyebabkan Siswa Harus Diberikan Reward Sebagai Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MTs Darul Ma’arif Numbay Jayapura. (2) Penyebab Siswa Harus Diberikan Reward Sebagai Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MTs Darul Ma’arif Numbay Jayapura. Penelitian ini dilakukan di MTs Darul Ma’arif Numbay Jayapura pada bulan Agustus 2023. Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif yang mendeskripsikan mengenai reward sebagai upaya meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MTs Darul Ma’arif Numbay Jayapura. Data dari hasil penelitian ini diperoleh melalui obsevasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa upaya meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam dengan pemberian reward terdapat beberapa penyebab harus diberikan reward antara lain karena dapat meningkatkanP perhatian siswa dalam proses belajar mengajar, dapat membangkitkan, memelihara dan meningkatkan motivasi belajar siswa, dapat mengarahkan pengembangan berfikir siswa ke arah berfikir kreatif, dan dapat mengendalikan serta memodifikasi tingkah laku siswa yang kurang positif serta mendorong munculnya tingkah laku yang produktif. Adapun proses terjadinya pemberian reward yaitu dengan memberikan pujian, sugesti, penghormatan, hadiah, dan penghargaan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email perpustakaan@iainfmpapua.ac.id
Date Deposited: 21 Aug 2024 04:41
Last Modified: 21 Aug 2024 04:41
URI: http://repodev.iainfmpapua.ac.id/id/eprint/176

Actions (login required)

View Item View Item