Model Pembelajaran Interaksi Sosial Pada Anak Usia Dini Di TK Aura Anugerah Pasar Lama Sentani Kabupaten Jayapura

Lisdayanti, Wa Ode (2024) Model Pembelajaran Interaksi Sosial Pada Anak Usia Dini Di TK Aura Anugerah Pasar Lama Sentani Kabupaten Jayapura. Diploma thesis, IAIN Fattahul Muluk Papua.

[img] Text
PAI 20. Wa Ode Lisdayanti_0191111043.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
Official URL: https://repodev.iainfmpapua.ac.id/

Abstract

Masalah yang terjadi di Taman Kanak-kanak (TK) Aura Anugerah, teramati bahwa kelompok B1 menghadapi tantangan dalam membentuk interaksi sosial. Anak-anak dalam kelompok ini cenderung pemalu, kurang percaya diri, dan lebih suka berinteraksi dengan sedikit teman. Saat jam pelajaran, beberapa anak bersikap pasif dengan hanya mendengarkan guru dan kurang berbicara dengan teman sekelas. Di jam istirahat, sebagian anak lebih memilih berada dengan orang tua mereka daripada bermain bersama teman sebaya. Penulisan skripsi ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) Implementasi model pembelajaran interaksi sosial pada anak usia dini di Taman Kanak-kanak (TK) Aura Anugerah Pasar Lama Sentani Kabupaten Jayapura (2) Faktor yang mempengaruhi perkembangan interaksi sosial pada anak usia dini di Taman Kanak-kanak Aura Anugerah Pasar Lama Sentani Kabupaten Jayapura. Penelitian ini dilakukan di Taman Kanak-Kanak (TK) Pasar Lama Sentani Kabupaten Jayapura pada bulan Juli-Agustus 2023. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan penelitian deskriptif kualitatif yang mendeskripsikan mengenai model pembelajaran interaksi sosial pada anak usia dini. Data dari penelitian ini diperoleh melalui wawancara bersama guru TK Kelompok B1, kepala TK, dan empat orang tua siswa kelompok B1. Observasi yang dilakukan berupa observasi nonpartisipan serta dokumentasi sebagai data pendukung dari hasil wawancara. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi model pembelajaran interaksi sosial di TK Aura Anugerah yakni terdiri perencanaan, pelaksanaan: Perhatian, retensi, Produksi, dan motivasi, dan evaluasi Pembelajaraan. Sedangkan faktor yang mempengaruhi interaksi sosial pada anak yaitu faktor keluarga, kematangan, pendidikan, status ekonomi, dan kapasitas mental: emosi dan intelegensi. Semoga hasil penelitian ini dapat menginspirasi guru untuk menggunakan metode pengajaran kreatif. Dengan pemahaman lebih dalam tentang perkembangan keterampilan sosial anak-anak serta dapat menciptakan lingkungan kelas yang mendukung pertumbuhan mereka dalam menghadapi tantangan sosial.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email perpustakaan@iainfmpapua.ac.id
Date Deposited: 22 Aug 2024 00:46
Last Modified: 22 Aug 2024 00:46
URI: http://repodev.iainfmpapua.ac.id/id/eprint/177

Actions (login required)

View Item View Item