Peran Guru Akidah Akhlak Dalam Membangun Kecerdasan Interpersonal Siswa Di Madrasah Tsanawiyah (MTS) Darul Ma’arif Numbay Jayapura

Nur Rohmah, Meyrisdika (2024) Peran Guru Akidah Akhlak Dalam Membangun Kecerdasan Interpersonal Siswa Di Madrasah Tsanawiyah (MTS) Darul Ma’arif Numbay Jayapura. Diploma thesis, IAIN Fattahul Muluk Papua.

[img] Text
PAI 21. Meyrisdika.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
Official URL: https://repodev.iainfmpapua.ac.id/

Abstract

Pendidikan merupakan usaha sadar dan terencana yang mempunyai tujuan sebagai pengembangan atau pembangunan suatu negara. Salah satu tujuan Pendidikan adalah mengembangkan kecerdasan. Dalam mencapai tujuan tersebut diperlukan peran guru yang digunakan untuk membangun kecerdasan interpersonal peserta didiknya. Hal ini sesuai dengan peran guru di MTs Darul Ma’arif Numbay Jayapura. Penulisan skripsi ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) Peran guru akidah akhlak dalam membangun kecerdasan interpersonal siswa di Madrasah Tsanawiyah (Mts) Darul Ma’arif Numbay Jayapura (2) Faktor pendukung dan faktor penghambat dalam membangun kecerdasan interpersonal siswa di Madrasah Tsanawiyah (Mts) Darul Ma’arif Numbay Jayapura. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan penelitian . Data-data penelitian ini bersumber dari data primer dan data sekunder. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun data yang diperoleh dianalisa melalui tahapan mereduksi data, menyajikan data, serta penarikan kesimpulan/verifikasi. Hasil dari penelitian ini ini menunjukkan bahwa pendidik di Darul Ma’arif Numbay Jayapura dalam pelaksanaan pembelajaran akidah akhlak. Guru sebagai pengajar melakukan serangkaian proses diantaranya plane, organizer, evaluation. Guru sebagai pembimbing melakukan pemberian motivasi dan pendampingan kegiatan ekstrakurikuler. Guru sebagai pribadi memberikan teladan yang baik. Faktor Pendukung dalam membangun kecerdasan interpersonal siswa di MTs Darul Ma’arif Numbay adalah metode yang melatih siswa, motivasi dari guru dan pembinaan guru dalam kegiatan ekstrakulikuler. Faktor penghambat guru dalam membangun kecerdasan interpersonal adalah keterbatasan waktu dan kurangnya kerja sama antara orang tua dan guru.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email perpustakaan@iainfmpapua.ac.id
Date Deposited: 22 Aug 2024 00:52
Last Modified: 22 Aug 2024 00:52
URI: http://repodev.iainfmpapua.ac.id/id/eprint/178

Actions (login required)

View Item View Item