Khurniawan, Andri (2024) Pengaruh Tingkat Pendidikan Orang Tua Terhadap Motivasi Belajar Matematika Peserta Didik Di MTS Negeri Jayapura Tahun Pelajaran 2022/2023. Diploma thesis, IAIN Fattahul Muluk Papua.
Text
Tadris Matematika 13. Andri Khurniawan.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini dilator belakangi oleh pengaruh tingkat pendidikan orang tua terhadap motivasi belajar matematika peserta didik di MTs Negeri Jayapura dimana salah satu faktor permasalahan bagaimana orang tua memotivasi belajar matematika peserta didik. Pada tingkat pendidikan orang tua setiap anak orang tua memiliki tingkat pendidikan yang berbeda-beda mulai dari tingkat pendidikan SD, SMP, SMA maupun perguruan tinggi. Dalam mempelajari anaknya ada orang tua yang memperhatikan belajar sampai ada juga yang tidak pernah diberikan motivasi belajar pada anak. Orang tuayang memiliki tingkat pendidikan tinggi mereka memperhatikan belajar anak dan memberikan motivasi sehingga anak tersebut dapat termotivasi dalam belajar. Sdangkan orang tua yang tingkat pendidikan rendah maka orang tua tersebut kurang memperhatikan anak dalam belajar sampai tidak memberikan motivasi dalam belajar sehingga sangat berpengaruh sekali dalam belajar anak. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui tingkat pendidikan orang tua terhadap motivasi belajar matematika peserta didik di MTs Negeri Jayapura. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan variabel Tingkat Pendidikan Orang Tua (X) dan Motivasi Belajar Matematika Peserta Didik (Y). Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah peserta didik dari kelas VII sampai kelas IX yang berjumlah 99 orang yang dicari sampel sebanyak 50 orang. Metode pengumpulan data menggunakan data kuesioner atau data angket. Angket yang dibedakan menjadi dua yaitu angket tertutup dan angket terbuka. Pada penelitian ini penulis menggunakan angket tertutup. Angket ini dugunakan untuk mendapatkan data tentang pendidika orang tua dan motivasi belajar matematika peserta didik. Sebelum pembuatan angket, penulis terlebih dahulu membuat kisi-kisi angket. Setelah kisi-kisi dibuat, maka penentuan skor pada setiap angket perlu dibuat agar pengolahan data akan lebih mudah dan lebih tertera. Teknik analisis data pada uji prasyarat menggunakan random sampling. Tingkat signifikan 5% jika r hitung > r tabel maka pernyataan tersebut valid. Berdasarkan hasil analisis dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara pengaruh tingkat pendidikan orang tua dan motivasi belajar matematika dengan menggunakan nilai thitung = 0.000 < 0,05. ttabel = 0.673. adapun motivasi belajar matematika peserta didik nilai Fhitung = 0.317 > Ftabel = 0,05 dengan sumbangan sisa 51,2% atau sisanya 48,8%. Pada tingkat pendidikan orang tua terhadap motivasi belajar matematika peserta didik di MTs Negeri Jayapura memiliki perbedaan pada tingkat pendidikan orang dan motivasi orang tua terhadap belajar anak sehingga diharapkan agar orang tua yang memiliki tingkat pendidikan baik itu rendah maupun tinggi tetap memperhatikan anak belajar serta memberikan motivasi agar supaya anak tetap semangat dalam belajar dan termotivasi dalam belajar matematika.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Tadris Matematika |
Depositing User: | Unnamed user with email perpustakaan@iainfmpapua.ac.id |
Date Deposited: | 22 Aug 2024 02:05 |
Last Modified: | 22 Aug 2024 02:05 |
URI: | http://repodev.iainfmpapua.ac.id/id/eprint/185 |
Actions (login required)
View Item |