Implementasi Model Pembelajaran, Kooperatif Tipe NHT Dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika Peserta Didik Kelas VII MTs Darul Ma’arif Numbay

Jainab, Rumbory (2023) Implementasi Model Pembelajaran, Kooperatif Tipe NHT Dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika Peserta Didik Kelas VII MTs Darul Ma’arif Numbay. Diploma thesis, IAIN Fattahul Muluk Papua.

[img] Text
Tadris Matematika 9. Jainab Rumbory_018131006.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
Official URL: https://repodev.iainfmpapua.ac.id/

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya pemahaman konsep peserta didik dalam memahami materi yang diajarkan pendidik terutama untuk pembelajaran matematika. salah faktor penyebab rendahnya pemahaman konsep matematika peserta didik karena pendidik hanya menerapkan model pembelajaran konversional. Penelitian ini peneliti ingin menerapkan model pembelajaran Kooperatif Tipe NHT untuk mengetahui apakah ada perbedaan terhadap pemahaman konsep matematika menggunakan model kooperatif tipe NHT dan model konversional pada peserta didik kelas VII. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen dan analisis data statistik deskriptif, inferensial. Populasi penelitian peserta didik kelas VII. Sampel penelitian peserta didik kelas VIIb berjumlah 19 orang, kelas eksperimen dan kelas VIIc berjumlah 21 orang, kelas kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah pretest dan posttest. Dalam menganalisa data peneliti menggunakan uji Independent Sampel T-Test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan pemahaman konsep matematika peserta didik dengan nilai minimum = 60% dan maksimum = 94%. Terdapat perbedaan pemahaman konsep matematika menggunakan model kooperatif tipe NHT dan model konversional pada peserta didik dengan nilai kelas eksperimen = 90% dan kontrol = 83%. Pemahaman konsep matematika peserta didik kelas VII memiliki perbedaan pemahaman konsep matematika menggunakan model koopetif tipe NHT dan model konverional. Kata Kunci: Model pembelajaran kooperatif tipe NHT, Pemahaman konsep Matematika.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Tadris Matematika
Depositing User: Unnamed user with email perpustakaan@iainfmpapua.ac.id
Date Deposited: 12 Oct 2023 00:21
Last Modified: 12 Feb 2024 03:11
URI: http://repodev.iainfmpapua.ac.id/id/eprint/28

Actions (login required)

View Item View Item