Strategi Pemasaran Jambu Biji Dalam Meningkatkan Pendapatan Masyarakat Petani Di Arso Iv Kabupaten Keerom

Indrawati, Indrawati (2023) Strategi Pemasaran Jambu Biji Dalam Meningkatkan Pendapatan Masyarakat Petani Di Arso Iv Kabupaten Keerom. Diploma thesis, IAIN Fattahul Muluk Papua.

[img] Text
Ekonomi Syariah 23. Indrawati.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
Official URL: https://repodev.iainfmpapua.ac.id/

Abstract

Dalam dunia bisnis banyak hal yang menjadi fokus para pebisnis termasuk petani jambu biji. Fokus para petani jambu biji adalah meningkatkan penjualan yang menjadi aspek penting yang harus diperhatikan. Persaingan yang ketat menuntut para pebisnis untuk memahami kondisi yang ada dan memikirkan strategi yang dapat meningkatkan penjualan. Dalam meningkatkan strategi pemasaran analisis lingkungan internal dan eksternal sangat penting dilakukan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui proses pemasaran yang ada di Arso IV Kabupaten Keerom dan untuk mengetahui strategi pemasaran jambu biji dalam meningkatkan pendapatan masyarakat petani di Arso IV Kabupaten Keerom. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kualitatif. Penentuan responden dilakukan secara purposive sebanyak 10 petani. Data primer diperoleh dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Sedangkan data sekunder diperoleh dari buku, jurnal dan informasi lainnya. Data dianalisis dengan Internal Factors Analysis Summary (IFAS), Eksternal Factors Analysis Summary (EFAS), Matriks SWOT (Strenght, Weakness, Opportunities, and Threats). Proses pemasaran jambu biji yaitu dengan penanam bibit, perawatan tanaman, dan memastikan buah siap panen, kemudian memilih buah yang bagus bebas dari kerusakan atau cacat setelah itu akan dikemas dan di timbang selanjutnya akan di salurkan ke pengecer, pedagang grosir atau melakukan penjualan langsung ke konsumen. Analisis IFAS dan EFAS menunjukkan nilai (bobot x rating) sebesar 1,45 dan 1,11. Analisis matriks SWOT yang diperoleh oleh usahatani jambu biji di Arso IV Kabupaten Keerom berada pada kuadran I strategi pemasaran dalam meningkatkan pendapatan masyarakat petani adalah strategi agresif yaitu dengan memanfaatkan lokasi yang strategis, memperluas pemasaran dan meningkatkan promosi di media sosial.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150505 Marketing Research Methodology
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Ekonomi Syariah
Depositing User: Unnamed user with email perpustakaan@iainfmpapua.ac.id
Date Deposited: 16 Oct 2023 02:06
Last Modified: 12 Feb 2024 03:19
URI: http://repodev.iainfmpapua.ac.id/id/eprint/69

Actions (login required)

View Item View Item