PROBLEMATIKA PENCAPAIAN KOMPETENSI DASAR PENGETAHUAN DAN KETERAMPILAN PESERTA DIDIK KELAS V PADA PEMBELAJARAN FIQIH MATERI TATA CARA HAJI DI MI YPKP SENTANI KABUPATEN JAYAPURA

Siti Nur Sholihah, Siti (2023) PROBLEMATIKA PENCAPAIAN KOMPETENSI DASAR PENGETAHUAN DAN KETERAMPILAN PESERTA DIDIK KELAS V PADA PEMBELAJARAN FIQIH MATERI TATA CARA HAJI DI MI YPKP SENTANI KABUPATEN JAYAPURA. Diploma thesis, IAIN Fattahul Muluk Papua.

[img] Text
Pasca S2 PAI MUL 1. Siti Nur Sholihah.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Nama Peneliti : Siti Nur Sholihah NIM : 161920211120013 Program Studi : Pascasarjana Pendidikan Agama Islam Judul Tesis : Problematika Pencapaian Kompetensi Dasar Pengetahuan Dan Keterampilan Peserta Didik Kelas V Pada Pembelajaran Fiqih Materi Tata Cara Haji Di Mi Ypkp Sentani Kabupaten Jayapura Kata kunci : Problematika, Kompetensi dasar pengetahuan dan keterampilan, Tata cara haji, Fiqih Ibadah haji merupakan rukun Islam yang kelima dan dilaksanakan bagi orang yang mampu. Ibadah haji tidak ditemui oleh peserta didik dalam kehidupan sehari harinya, dibandingkan dengan keempat rukun Islam yang lainnya yang dapat dipraktkkan secara nyata dalam kehidupan sehari-hari. Pembelajaran tata cara hajitercantum pada Keputusan Menteri Agama (KMA) nomor 183 tahun 2019 tentang kurikulum Pendidikan Agama Islam dan Bahasa Arab pada madrasah. Dalam KMA tersebut Kompetensi Dasar (KD) yang harus dicapai pada materi haji tingkat Madrasah Ibtidaiyah (MI) terdapat pada KD 3.7 menerapkan tata cara haji dan KD 4.7 praktik pengalaman menerapkan tata cara haji. Tesis ini berfokus pada bagaimana pembelajaran fiqih tata cara haji, pencapaian kompetensi dasar pengetahuan dan keterampilan dan problematika serta upaya pendidik dan madrasah dalam pencapaian kompetensi dasar pengetahuan dan keterampilan tata cara haji peserta didik. Metode penelitiannya berupa kualitatif deskriptif dengan menggunakan pendekatan metodologis dan pedagogis. Teknik pengumpulan datanya melalui observasi, wawancara dan studi dokumen, subjek penelitian tentang pembelajaran tata cara haji, pencapaian kompetensi pengetahuan dan keterampilan tata cara haji, faktor yang mempengaruhi dan upaya guru serta madrasah dalam mengatasi problematika tata cara haji dengan objek penelitiannya peserta didik, pendidik dan kepala madrasah. Analisa datanya menggunakan Miles dan Huberman dengan mereduksi data, penyajian data dan verifikasi atau penarikan kesimpulan. Hasil temuan penelitian ini adalah proses pembelajaran fiqih tata cara haji sudah sesuai menggunakan kurikulum yang berlaku yaitu melalui perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian pembelajaran. Pencapaian pengetahuan dilakukan melalui pembelajaran di kelas dengan metode ceramah dan diskusi, mengukur capaian hasil kompetensi pengetahuan melalui ulangan harian dan tugas PR dengan hasil 73% yang tuntas KKM dari 22 peserta didik. Sedangkan capaian keterampilan diajarkan melalui praktek dan proyek peserta didik dengan ketuntasan KKM 55%. Peserta didik yang belum tuntas KKM kemudian dilakukan remedial dengan nilai KKM 70. Metode pembelajaran dan alat ukur yang digunakan pendidik pada kompetensi dasar keterampilan belum sesuai dengan KD keterampilan dalam kurikulum sehingga kompetensi keterampilan belum maksimal Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor yaitu faktor pendidik, peserta didik dan sarana prasarana.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
Divisions: Sekolah Pascasarjana > Program Studi magister Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr Tuwaji Tuwaji
Date Deposited: 11 Oct 2023 05:56
Last Modified: 11 Oct 2023 06:06
URI: http://repodev.iainfmpapua.ac.id/id/eprint/7

Actions (login required)

View Item View Item