Implementasi Metode Talaqqi Dalam Menghafal Al Qur’an Pada Peserta Didik Kelas 1a Di SDIT Qurrota A’yun Abepura

Nurul Khayak, Ismiatun (2024) Implementasi Metode Talaqqi Dalam Menghafal Al Qur’an Pada Peserta Didik Kelas 1a Di SDIT Qurrota A’yun Abepura. Diploma thesis, IAIN Fattahul Muluk Papua.

[img] Text
PGMI 12. Ismiatun Nurul Khayak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
Official URL: https://repodev.iainfmpapua.ac.id/

Abstract

Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dan pendekatan etnografi untuk mengamati implementasi metode talaqqi dalam menghafal Al-Qur'an pada peserta didik kelas 1A di SDIT Qurrota A'yun Abepura. Metode talaqqi melibatkan interaksi langsung antara guru dan peserta didik dalam proses menghafal Al-Qur'an. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi metode talaqqi memberikan hasil yang positif, meningkatkan kemampuan menghafal Al-Qur'an dan pemahaman peserta didik. Namun, beberapa hambatan seperti keterbatasan perhatian, konsentrasi dan kurangnya motivasi juga ditemukan. Untuk mengatasi hambatan ini, kerja sama antara guru, orang tua, dan peserta didik diperlukan. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan Implementasi metode talaqqi dalam menghafal Al-Qur'an pada peserta didik kelas 1A di SDIT Qurrota A’yun Abepura melibatkan beberapa tahapan. Tahapan pertama adalah pembukaan, di mana guru membaca salam, sholawat, dan doa sebagai pembukaan untuk menciptakan suasana yang kondusif. Tahapan kedua adalah metode adab, di mana peserta didik diajarkan tentang adab membawa Al-Qur'an, cara duduk yang tertib, berpakaian yang rapi dan benar, serta cara bertutur kata yang sopan dan santun. Tahapan ketiga adalah tahap fahmu dan mahir hafalan baru, di mana peserta didik diajarkan ayat-ayat Al-Qur'an secara bertahap dengan pengulangan yang intensif. Tahapan keempat adalah tahap mentalaqqi awal dan akhir ayat, di mana guru mentalaqqi awal dan akhir ayat sebanyak 20 kali secara bertahap untuk membantu siswa menghafal dan mengerti bagaimana ayat-ayat tersebut terhubung satu sama lain. Tahapan terakhir adalah membaca bersama-sama, di mana guru mengajak siswa untuk membaca bersama-sama dan setiap siswa membaca secara individu untuk melatih kemampuan menghafal mereka. Implementasi metode talaqqi ini telah terbukti efektif dalam membantu peserta didik menghafal dan memahami Al Qur'an.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Unnamed user with email perpustakaan@iainfmpapua.ac.id
Date Deposited: 20 Aug 2024 00:41
Last Modified: 20 Aug 2024 00:41
URI: http://repodev.iainfmpapua.ac.id/id/eprint/148

Actions (login required)

View Item View Item