Problematika Pengelolaan Sarana Dan Prasarana Pendidikan Di SMA Pembangunan V Yapis Waena

Kurniawan, Lingga (2024) Problematika Pengelolaan Sarana Dan Prasarana Pendidikan Di SMA Pembangunan V Yapis Waena. Diploma thesis, IAIN Fattahul Muluk Papua.

[img] Text
Manejemen Pendidikan Islam 1. Lingga Kurniawan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
Official URL: https://repodev.iainfmpapua.ac.id/

Abstract

Sarana dan prasarana pendidikan merupakan salah satu sumber daya yang penting dalam menunjang proses pembelajaran di sekolah. Keberhasilan program pendidikan di sekolah sangat dipengaruhi oleh kondisi sarana dan prasarana pendidikan yang dimiliki sekolah dan oleh optimalisasi pengelolaan dan pemanfaatannya. Skripsi ini bertujuan untuk : Mengetahui Pengelolaan sarana dan Prasarana Pendidikan di SMA Pembangunan V Yapis Waena , Mengetahui Problematika Pengelolaan Sarana dan Prasarana Pendidikan di SMA Pembangunan V Yapis Waena. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan penelitian yang digunakan adalah fenomenologi. Data-data penelitian ini bersumber dari sata primer dan data sekunder, metode pengumpulan data yakni dengan cara Observasi, Wawancara dan Dokumentasi. Adapun data yang diperoleh dianalisa melalui tahapan mereduksi data, menyajikan data, serta penarikan kesimpulan/verifikasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Pengelolaan saran dan prasarana pendidikan di SMA Pembangunan V Yapis Waena oleh seorang wakasek sarana dan prasarana yang bertugas mengelola dan bertanggung jawab terkait sarana dan prasarana sekolah. Pengelolaan sarana dan prasarana dimulai dari perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, dan pengawasan. 2) Faktor penghambat dan Faktor pendukung dalam pengelolaan sarana dan prasarana di SMA Pembangunan V Yapis Waena yakni (a) Faktor penghambat dalam pengelolaan sarana dan prasarana pendidikan di SMA Pembangunan V Yapis Waena yaitu: Dana yang terbatas, Kurangnya Sumber daya manusia yang tersedia, dan human eror atau keteledoran ketika diberikan tanggung jawab. (b) Faktor pendukung antaranya yaitu : Ketersediaan teknologi pendidikan, Perencanaan yang di pikirkan secara matang, Kerja sama yang baik antar sesama guru, dan kesadaraan akan tanggung jawab bersama untuk menjaga sarana dan prasarana sekolah. Implikasi dari penelitian ini adalah : Diharapkan agar dapat menambah sumber daya manusia terkhusus terkait sarana dan prasarana pendidikan, Merencanakan pendanaan yang cukup untuk pengadaan dan pengelolaan sarana dan prasarana, Diharapkan agar bisa mengikuti pelatihan-pelatihan yang berkaitan dengan sarana dan prasarana yang tujuannya memperdalam keahlian dalam mengelola sarana dan prasarana sekolah, Diharapkan dapat menggunakan anggaran dengan semaksimal mungkin untuk sarana dan prasarana sekolah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130201 Creative Arts, Media and Communication Curriculum and Pedagogy
Divisions: Sekolah Pascasarjana > Program Studi magister Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email perpustakaan@iainfmpapua.ac.id
Date Deposited: 20 Aug 2024 01:01
Last Modified: 20 Aug 2024 01:01
URI: http://repodev.iainfmpapua.ac.id/id/eprint/150

Actions (login required)

View Item View Item