Upaya Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Menanamkan Karakter Religius Peserta Didik Di SMA Muhammadiyah Kota Jayapura

Ita Rahmawati, Suci (2024) Upaya Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Menanamkan Karakter Religius Peserta Didik Di SMA Muhammadiyah Kota Jayapura. Diploma thesis, IAIN Fattahul Muluk Papua.

[img] Text
PAI 3. Suci Ita Rahmawati.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
Official URL: https://repodev.iainfmpapua.ac.id/

Abstract

Skripsi ini bertujuan untuk mengetahui (1) upaya guru pendidikan agama Islam dalam menanamkan karakter religius peserta didik di SMA Muhammadiyah Kota Jayapura; (2) faktor pendukung dan penghambat upaya guru pendidikan agama Islam dalam menanamkan karakter religius peserta didik di SMA Muhammadiyah Kota Jayapura; (3) keberhasilan upaya guru pendidikan agama Islam dalam menanamkan karakter religius peserta didik di SMA Muhammadiyah Kota Jayapura. Penelitian ini merupakan jenis penelitian dengan menggunakan kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data serta penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) Upaya guru pendidikan agama Islam dalam menanamkan karakter religius peserta didik di SMA Muhammadiyah Kota Jayapura mencakup penanaman karakter reliigius di dalam kelas yaitu masuk ke dalam kelas di mulai dengan ucapan salam dan senyum, membaca doa sebelum memulai pembelajaran, literasi Al-Qur’an, guru menyampaikan materi pembelajaran dengan menyisipkan kisah-kisah teladan, guru memberikan motivasi diakhir pembelajaran. Penanaman karakter religius di lingkungan sekolah yaitu dengan kegiatan shalat dhuha, shalat dzuhur dan ashar berjamaah, shalat jum’at, sedekah cerdas, dan tahfizul Qur’an.(2) Faktor pendukung guru pendidikan agama Islam dalam menanamkan karakter religius peserta didik di SMA Muhammadiyah Kota Jayapura adalah sarana dan prasarana, tim ISMUBA, dukungan dari orang tua peserta didik dan IPM. Sedangkan faktor penghambatnya adalah terkendalanya waktu dalam melaksanakan kegiatan, dan peserta didik. (3) Keberhasilan yang terlihat yaitu meningkatnya kesopanan dan kesadaran dalam beribadah, meningkatnya bacaan dan hafalan Al-Qur’an, peserta didik terlatih mental dan keberaniannya mampu menjadi imam shalat, membawakan kultum atau kajian baik itu di dalam sekolah maupun di luar sekolah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Unnamed user with email perpustakaan@iainfmpapua.ac.id
Date Deposited: 20 Aug 2024 04:21
Last Modified: 20 Aug 2024 04:21
URI: http://repodev.iainfmpapua.ac.id/id/eprint/160

Actions (login required)

View Item View Item