Efektivitas Pembelajaran Akidah Akhlak Dalam Pengendalian Diri Peserta Didik Di MTS Yaa Bunayya Tahun 2023

Sukmawati, Dewi (2024) Efektivitas Pembelajaran Akidah Akhlak Dalam Pengendalian Diri Peserta Didik Di MTS Yaa Bunayya Tahun 2023. Diploma thesis, IAIN Fattahul Muluk Papua.

[img] Text
PAI 9. Dewi Sukmawati.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
Official URL: https://repodev.iainfmpapua.ac.id/

Abstract

Perkembangan zaman yang semakin modern seperti saat ini menuntut adanya sumber daya manusia yang memiliki kualitas tinggi khususnya mempunyai attitude atau adab yang baik. Salah satu hal yang mendasari seseorang memiliki attitude yang baik adalah dengan melalui proses pendidikan terlebih dahulu pada jalur pendidikan formal maupun non formal. Dalam mengikuti kegiatan belajar di sekolah peserta didik tidak akan lepas dari berbagai peraturan dan tata tertib yang diberlakukan di sekolahnya. Penelitian ini memrupakan penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data serta penarikan kesimpulan dan verifikasi, pengujian keabsahan data dilakukan melalui perpanjangan pengamatan. Meningkattan ketekunan dan pengecekan trianggulasi. Teori belajar behaviorisme, menurut John B. Watson dalam Hamid menurut Watson menyakini bahwa tingkah laku manusia merupakan pembawaan genetis dalam pengaruh lingkungan atau situasional. Belajar sebagai proses interaksi antara stimulus dengan respon, stimulus dan respon yang dimaksud harus dapat diamati dan dapat diukur. Hal ini selaras dengan gejala yang ada di lapangan, dimana peserta didik harusnya memiliki pengendalian diri yang baik agar tingkah lakunya tertata. Maka dengan itu penting bagi peserta didik DI MTs Yaa Bunayya memiliki self control yang baik dalam mematuhi aturan tata tertib agar menumbuhkan karakter dan kedisiplinan di sekolah. Oleh karena itu efektivitas pembelajaran akidah akhlak menjadi penelitian yang paling penting dilaksanakan, agar mencapai tujuan pendidikan yaitu perubahan tingkah laku secara menyeluruh baik sikap, keterampilan, dan pengetahuan. Kedudukan akidah akhlak sangatlah penting dalam kehidupan seorang muslim agar memiliki perilaku yang terpuji. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pembelajaran akidah akhlak dalam pengendalian diri peserta didik di MTs Yaa Bunayya. Penelitian ini termasuk jenis penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi langsung (observasi partisipan), wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Efektivitas pembelajaran akidah akhlak dalam pengendalian diri peserta didik di MTs Yaa Bunayya dengan menggunakan metode pemberian tugas. 2) pembelajaran akidah akhlak berlangsung secara efektif dalam pengendalian diri peserta didik. 3) Pelaksanaan pembelajaran akidah akhlak sesuai Kurikulum 2013 dan memiliki Perangkat pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email perpustakaan@iainfmpapua.ac.id
Date Deposited: 20 Aug 2024 06:40
Last Modified: 20 Aug 2024 06:40
URI: http://repodev.iainfmpapua.ac.id/id/eprint/166

Actions (login required)

View Item View Item