Penerapan Metode Thariqah Taasalsuli Dalam Kegiatan Hafalan Al-Qur’an Peserta Didik Di Madrasah Ibtidaiyah Yaa Bunayya Kota Jayapura

Ayu Nurul Hidayah, Rachmita (2024) Penerapan Metode Thariqah Taasalsuli Dalam Kegiatan Hafalan Al-Qur’an Peserta Didik Di Madrasah Ibtidaiyah Yaa Bunayya Kota Jayapura. Diploma thesis, IAIN Fattahul Muluk Papua.

[img] Text
PAI 16. Rachmita Ayu Nurul Hidayah.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
Official URL: https://repodev.iainfmpapua.ac.id/

Abstract

Menghafal al-Qur’an merupakan suatu perbuatan yang sangat mulia dan terpuji, dalam menghafal al-Qur’an diperlukan metode-metode khusus untuk memudahkan dalam proses menghafalnya. Di antara metode-metode itu adalah metode Thariqah Taasalsuli. Di karenakan menggunakan metode ini sangatlah mudah dan cepat di ingat apalagi bagi kaum anak-anak, metode ini sendiri merupakan ayat-ayat yang dihafal secara berulang-ulang sampai penghafal menemukan bayangan dalam fikiran mengenai ayat tersebut, kemudian diulang dari awal sampai kalimat seterusnya hal ini digunakan untuk menjaga hafalan agar tetap melekat dalam fikiran. Penelitian ini bertujuan untuk megetahui pelaksanaan menghafal al-Qur’an dengan metode Thariqah Taasalsuli di Madrasah Ibtidaiyah Yaa Bunayya, mengetahui faktor pendukung dan penghambat siswa dalam menghafal al-quran dengan metode Thariqah Taasalsuli di Madrasah Ibtidaiyah Yaa Bunayya Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) merupakan salah satu metode pendekatan dalam penelitian kualitatif yang tidak memerlukan pengetahuan mendalam akan literatur yang digunakan dan kemampuan tertentu dari pihak peneliti. Teknik pengumpulan data ini yaitu dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan hasil yang cukup baik dalam menghafalkan ayat-ayat atau surat dengan menggunakan metode Thariqah Taasalsuli pada peserta didik di Madrasah Ibtidaiyah Yaa Bunayya kota Jayapura. Dengan mewawancarai informan yang di lihat dari metode menghafal al-Qur’an peserta didik sangatlah berpengaruh positif pada seorang penghafal al-Qur’an.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email perpustakaan@iainfmpapua.ac.id
Date Deposited: 21 Aug 2024 04:28
Last Modified: 21 Aug 2024 04:28
URI: http://repodev.iainfmpapua.ac.id/id/eprint/173

Actions (login required)

View Item View Item