Antoni, Agus (2024) Strategi Ustaz Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Membaca Al-Qur’an Pada Santri Di Pondok Pesantren Al Huda Ma’arif Nu Waropen. Diploma thesis, IAIN Fattahul Muluk Papua.
Text
PAI 22. Agus Antoni 019111004.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
Abstract
Penelitian dalam skripsi ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi Ustaz dalam mengatasi kesulitan membaca Al-Qur’an pada santri di pondok pesantren AlHuda Ma’Arif NU Waropen dan mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat dalam mengatasi kesulitan membaca Al-Qur’an pada santri di pondok pesantren AlHuda Ma’Arif NU Waropen. Permasalahan yang peneliti angkat dalam penelitian ini yaitu bagaimana strategi ustaz dalam mengatasi kesulitan membaca Al-Qur’an pada santri di pondok pesantren AlHuda Ma’Arif NU Waropen dan apa faktor pendukung dan penghambat dalam mengatasi kesulitan membaca Al-Qur’an pada santri di pondok pesantren AlHuda Ma’Arif NU Waropen. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif degan pendekatan penelitian yang digunakan adalah pedagogik. Lokasi penelitian di pondok pesantren AlHuda Ma’Arif NU Waropen yang beralamat di Jln. Penghubung SP V-VI, Kabupaten Waropen, Papua. Data-data dalam penelitian ini bersumber dari data primer dan sekunder, sedangkan dalam pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Selanjutnya data yang diperoleh diolah dan dianalisis demi mendapatkan kesimpulan hasil penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi Ustaz dalam mengatasi kesulitan membaca Al-Qur’an pada santri di Pondok Pesantren AlHuda Ma’Arif NU Kabupaten Waropen yakni, 1) memberikan motivasi serta dorongan untuk belajar membaca Al-Qur’an, 2) Mengidentifikasi kesulitan-kesulitan membaca Al-Qur’an yang dialami santri, dan 3) Menerapkan metode pembelajaran. Adapun pelaksanaan proses pembelajaran diawali dengan membuka pelajaran, menyajikan materi dengan pedoman AlQur’an dan Jilid Yan’bua Al-kudus, dan yang terakhir menutup pembelajaran dengan mengevaluasi santri, memberikan tugas tambahan, dan memberikan motivasi. Adapun faktor pendukung ustaz dalam mengatasi kesulitan belajar Al-Quran Pada santri Pondok Pesantren AlHuda Ma’Arif NU Waropen, yaitu; 1) Ketersediaan sarana dan prasarana, dan 2) Dukungan kebijakan dari pesantren.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Unnamed user with email perpustakaan@iainfmpapua.ac.id |
Date Deposited: | 22 Aug 2024 00:56 |
Last Modified: | 22 Aug 2024 00:56 |
URI: | http://repodev.iainfmpapua.ac.id/id/eprint/179 |
Actions (login required)
View Item |