Intensitas Komunikasi Kepala Sekolah Dan Orang Tua Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik Di Madrasah Ibtidaiyah Darul Da’wah Wal Irsyad Sentani

Firnawati, Nur (2024) Intensitas Komunikasi Kepala Sekolah Dan Orang Tua Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik Di Madrasah Ibtidaiyah Darul Da’wah Wal Irsyad Sentani. Diploma thesis, IAIN Fattahul Muluk Papua.

[img] Text
PAI 24 NUR FIRNAWATI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
Official URL: https://repodev.iainfmpapua.ac.id/

Abstract

Penulisan skripsi ini bertujuan unutk mendeskripsikan: (1) Intensitas komunikasi kepala sekolah dan orang tua dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik di Madrasah Ibtidaiyah Darul Da’wah Wal Irsyad Sentani (2) faktor pendukung dan penghambat Intensitas komunikasi kepala sekolah dan orang tua dalam meningkatkan motivasi belajar di Madrasah Ibtidaiyah Darul Da’wah Wal Irsyad Sentani. Penelitian ini dilakukan di Madrasah Ibtidaiyah Darul Da’wah Wal Irsyad Sentani pada bulan Agustus-September 2023. Jenis penelitian adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif kualitatif yang mendeskripsikan mengenai Intensitas komunikasi kepala sekolah dan orang tua dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik . Data penelitian diperoleh melalui wawancara bersama kepala sekolah, guru kelas VI A, dan orang tua peserta didik. Obeservasi yang dilakukan berupa observasi nonpartisipan serta dokumentasi sebagai data pendukung dari hasil wawancara. Hasil dari peneitian ini menunjukkan bahwa Intensitas komunikasi kepala sekolah dan orang tua dalam meningkatkan motivasi belajar di Madrasah Ibtidaiyah Darul Da’wah Wal Irsyad yakni terdiri atas pemberian bimbingan dan nasehat, pengawasan terhadap belajar, pemberian penghargaan dan hukuman, pemenuhan kebutuhan belajar, dan memperhatikan kesehatan. Sedangkan faktor pendukung Intensitas komunikasi kepala sekolah dan orang tua dalam meningkatkan motivasi belajar yaitu dalam meningkatkan motivasi belajar siswa meliputi pembentukan komite madrasah dan paguyuban kelas untuk memfasilitasi kolaborasi, serta peran penting guru dalam menciptakan pembelajaran yang menyenangkan dan interaktif. Orang tua juga memainkan peran aktif dengan memantau perkembangan pendidikan anak-anak mereka. Faktor penghambat : Dalam meningkatkan motivasi belajar siswa di Madrasah Ibtidaiyah Darul Da’wah Wal Irsyad Sentani meliputi pemahaman guru terhadap kebutuhan individu siswa, variasi motivasi belajar siswa, keterlibatan orang tua yang kurang aktif, dan perdebatan seputar pemberian motivasi terhadap siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130205 Humanities and Social Sciences Curriculum and Pedagogy (excl. Economics, Business and Management)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email perpustakaan@iainfmpapua.ac.id
Date Deposited: 22 Aug 2024 01:09
Last Modified: 22 Aug 2024 01:09
URI: http://repodev.iainfmpapua.ac.id/id/eprint/181

Actions (login required)

View Item View Item