Pengaruh Penggunaan Model Discovery Learning Terhadap Kemandirian Belajar Peserta Didik Di Kelas XI Sma Pembangunan V Yapis Waena

Annisa Pratiwi, Kelirey (2023) Pengaruh Penggunaan Model Discovery Learning Terhadap Kemandirian Belajar Peserta Didik Di Kelas XI Sma Pembangunan V Yapis Waena. Diploma thesis, IAIN Fattahul Muluk Papua.

[img] Text
Tadris Matematika 7. Annisa Pratiwi Kelirey_01913100.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)
Official URL: https://repodev.iainfmpapua.ac.id/

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh peserta didik yang tidak berani untuk memberikan jawaban jika guru bertanya, peserta didik juga cenderung diam dalam proses pembelajaran, peserta didik kurang dalam kemauan belajar mandiri, peserta didik hanya menerima apa saja yang disampaikan oleh guru tanpa mencari tahu lebih dalam, beberapa peserta didik juga tidak percaya diri dengan pendapatnya atau gagasannya sendiri dan masih terdapat peserta didik yang tidak dapat menyelesaikan PR (pekerjaan rumah) di rumah dan mengerjakan di sekolah dengan melihat hasil kerja teman. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh penggunaan model discovery learning terhadap kemandirian belajar peserta didik kelas XI SMA Pembangunan V Yapis Waena dan seberapa besar pengaruh penggunaan model discovery learning terhadap kemandirian belajar peserta didik kelas XI SMA Pembangunan V Yapis Waena. Penelitian yang dilakukan menggunakan penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian yang dilakukan yaitu seluruh peserta didik SMA Pembangunan V Yapis Waena berjumlah 66 peserta didik. Sampel pada penelitian yang dilakukan, diambil dari seluruh peserta didik kelas XI yang berjumlah 15 peserta didik. Adapun sampel dari penelitian yang dilakukan diperoleh dengan menggunakan teknik Non Probability Sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu angket pernyataan kemandirian belajar peserta didik. Uji hipotesis yang dilakukan, didapatkan hasil nilai Asymp. Sig (2-tailed) sebesar 0,000<0,05 yang berarti h_0 ditolak dan h_1 diterima, dengan besar pengaruh 0,395 atau 39,5% dan sisanya 60,5% dipengaruh oleh variabel di luar penelitian ini. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan model discovery learning terhadap kemandirian belajar peserta didik SMA Pembangunan V Yapis Waena. Kata Kunci: Discovery Learning, Kemandirian Belajar Pesarta Didik

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Tadris Matematika
Depositing User: Unnamed user with email perpustakaan@iainfmpapua.ac.id
Date Deposited: 12 Oct 2023 00:01
Last Modified: 12 Oct 2023 00:01
URI: http://repodev.iainfmpapua.ac.id/id/eprint/26

Actions (login required)

View Item View Item