Rita, Ayu (2023) Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Kemampuan Koneksi Matematika Di Kelas X SMA Muhammadiyah Kota Jayapura. Diploma thesis, IAIN Fattahul Muluk Papua.
Text
Tadris Matematika 8. Rita Ayu_019131008.pdf Restricted to Registered users only Download (5MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh kemampuan koneksi matematika peserta didik masih rendah dan pengaruh model pembelajaran discovery learning nilai masih dibawah rata-rata. Pembelajaran model yang digunakan khususnya pada materi fungsi kuadrat, pendidik lebih sering meminta peserta didik untuk menghafal tanpa memahaminya. Kurangnya keterlibatan peserta didik dalam menemukan konsep mengakibatkan peserta didik kurang memahami dan mudah lupa terhadap materi yang telah dipelajari. Sehingga hasil belajar peserta didik rendah atau dapat dikatakan bahwa nilai peserta didik tidak mencapai KKM yang ditentukan oleh sekolah yaitu 73 pada mata pelajaran matematika. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh model pembelajaran Discovery Learning terhadap kemampuan koneksi matematika peserta didik dan seberapa besar pengaruh tersebut pada materi fungsi kuadrat di kelas x SMA Muhammadiyah Kota Jayapura. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian experimen, penelitian yang yang dilakukan dengan terjun langsung kelapangan yang menggunakan analisis data paired sampel t test. Populasi pada penelitian ini yaitu seluruh peserta didik di SMA Muhammadiyah Kota Jayapura dengan sampel seluruh peserta didik kelas X 4. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu Tes Essa untuk melihat pengaruh penggunaan model pembelajaran discovery learning terhadap kemampuan koneksi matematika peserta didik. Dalam menganalisis data peneliti menggunakan uji hipotesis yang melalui uji prasarat berupa uji normalitas dan uji homogenitas dahulu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan penggunakan model pembelajaran Discovery Learning terhadap kemampuan koneksi matematika dengan tingkat sig. 0,472 > 0,05, maka H_a ditolah dan H_0 diterima. Kata Kunci: Model Pembelajaran Discovery Learninng, Kemampuan Koneksi Matematika
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Tadris Matematika |
Depositing User: | Unnamed user with email perpustakaan@iainfmpapua.ac.id |
Date Deposited: | 12 Oct 2023 00:14 |
Last Modified: | 21 Mar 2024 23:17 |
URI: | http://repodev.iainfmpapua.ac.id/id/eprint/27 |
Actions (login required)
View Item |