Pengaruh Influencer Media Sosial Terhadap Keputusan Pembelian Skincare Halal Masyarakat Kota Jayapura

Rusliaman, Hilda Dwiyanti (2023) Pengaruh Influencer Media Sosial Terhadap Keputusan Pembelian Skincare Halal Masyarakat Kota Jayapura. Diploma thesis, IAIN Fattahul Muluk Papua.

[img] Text
Ekonomi Syariah 10. Hilda Dwiyanti.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
Official URL: https://repodev.iainfmpapua.ac.id/

Abstract

Pesatnya perkembangan teknologi digital membuat media sosial menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari bagi setiap individu. Salah satu fungsi dari media sosial adalah sebagai alat promosi sebuah produk maupun jasa. influencer media sosial media adalah seseorang yang memiliki popularitas dan memanfaatkan popularitasnya tersebut pada media sosial untuk melakukan promosi sebuah produk atau jasa tersebut dikenal oleh masyarakat. influencer media sosial dapat dijadikan sebagai sebuah faktor yang dapat memengaruhi keputusan pembelian konsumen. keputusan pembelian konsumen merupakan suatu hal yang muncul setelah menerima rangsangan dari produk yang dilihatnya kemudian muncul sebuah hasrat untuk membeli dan memiliki produk tersebut. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh influencer media sosial terhadap keputusan pembelian skincare halal masyarakat kota jayapura dan seberapa besar pengaruh influencer media sosial terhadap keputusan pembelian skincare halal masyarakat kota jayapura. Metodologi penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dan menggunakan metode angket atau kuisioner. Teknik pengambilan sampel menggunakan rumus slovin dengan jumlah 100 responden. Teknik pengumpulan data menggunakan kuisioner yang diolah menggunakan excel, Jamovi dan PSPP. Analisis data menggunakan regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa influencer media sosial berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan pembelian skincare halal masyarakat kota jayapura, hal ini dibuktikan dengan nilai t hitung sebesar 4,342 dan signifikansi sebesar 0,000 serta koefisien determinasi yakni 0,161 yang berarti bahwa keputusan pembelian skincare halal dipengaruhi oleh variabel influencer media sosial sebesar 16,1 % sedangkan sisanya dipengaruhi oleh variabel lainnya yang tidak terdapat dalam penelitian ini. Kata Kunci : Influencer, Media Sosial, Keputusan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1401 Economic Theory > 140199 Economic Theory not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Syariah > Jurusan Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Unnamed user with email perpustakaan@iainfmpapua.ac.id
Date Deposited: 13 Oct 2023 02:37
Last Modified: 12 Feb 2024 03:16
URI: http://repodev.iainfmpapua.ac.id/id/eprint/56

Actions (login required)

View Item View Item